Keseimbangan Dalam Bekal

Posted on | Minggu, 02 Oktober 2011 | No Comments


Kotak makanan atau kotak bekal sering dibawa oleh anak-anak tapi setiap anak yang beranjak dewasa akan malu membawa bekal terutama pria. Padahal membawa makanan dari rumah lebih sehat dan terjamin daripad beli di luar.

Makanan yang dibuat menjadi bekal pun tidak sembarangan soalnya keseimbangannya perlu diperhatikan. Menu makanan harus mengadung:
-       Buah
Buah yang dibawa bisa buah yang sudah dipotong maupun tidak. Contoh buah yang mudah dibawa adalah: Keluarga berry (strawberry atau blackberry), jeruk, anggur, tomat (terutama tomat kecil), belimbing, apel, pir

-       Sayur
Sayur bisa sayur rebus, cah maupun yang sudah digoreng krispi. Contoh sayur yang sering digunakan untuk bekal adalah bunga kol, buncis, brokoli, wortel, kentang, jagung, selada, kapri, paprika, akar lotus atau kacang polong.

-       Daging
Daging adalah menu yang harus baik itu daging dari ikan, ayam, bebek dan sapi (bisa jenis daging lain juga) asal bukan daging nugget beku yang dijual dipasar.

-       Nasi
Nasi ini harus kecuali ada pengganti karbohidrat lain seperti ubi, sagu, kentang, gandum atau roti. Bila ingin lebih sehat, bisa menggunakan beras merah dan hitam.

-       Minuman
Minuman adalah pendamping makanan. Minuman yang sangat disarankan adalah air putih.

Harus diingat, jangan hanya memberikan bekal nasi atau mie goreng saja tanpa makanan pendamping yang sehat. Agar bekal terlihat lebih menarik dang mengugah selera, makanan bisa ditata dengan cantik dan unik seperti bekal makanan jepang. Kotak kemasannya juga bisa memilih yang keren atau cantik sehingga tidak malu kalau dibawah. Semoga Berguna –hm-

Comments

Leave a Reply

Categories