IBX5B585FBB29616

Beberapa Jenis Cat Rumah

Posted on | Selasa, 27 Desember 2011 | No Comments


Cat tembok adalah cat yang hanya dikhususkan untuk mengecat dinding, pillar dan pagar rumah. Biasanya orang hanya menyebutnya cat rumah. Cat rumah secara umum terbagi atas 2 yaitu
-          Cat interior
Cat yang digunakan untuk bagian dalam sebuah bagunan. Tidak bisa digunakan untuk eksterior karena tidak tahan akan perubahan cuaca. Cat ini memiliki lapisan halus.
-          Cat eksterior
Cat untuk mengecat bagian luar dari sebuah bagunan. Biasanya memiliki lapisan yang kuat dan anti UV agar cat bertahan lebih lama walaupun sering kehujanan dan terpapar matahari. Bisa juga digunakan untuk interior. Cat eksterior memiliki harga yang lebih mahal daripada cat interior.

Bila disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan dinding, pagar, pilar atau bagian lain dari bangunan, cat terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu:
-          Cat kayu
-          Cat besi
-          Cat atap (khusus yang terbuat dari beton dan semen)
-          Cat batu

Bila dilihat dari atas, bisa dikatakan bahwa cat sudah ditentukan tujuan untuk masing-masing namun kebanyakan orang hanya memilih 1 jenis cat untuk semua bagian rumah sehingga di beberapa bagian, catnya lebih cepat rusak daripada bagian yang lain. Faktor suhu, panas, bahan dinding dan cuaca sangat mempengaruhinya.

Bila tidak ingin susah, cat yang digunakan adalah cat eksterior tapi harus disesuaikan dengan bahan dinding agar lebih awet dan tahan lama. Lebih baik memilih warna cerah untuk mengecat bagian luar rumah karena warna gelap akan menyerap panas. Jangan lupa untuk menanyakan tentang pelindungan sinar UV dan kandungan lain yang terdapat didalam cat rumah. Semoga Berguna –hm-

Comments

Leave a Reply

Categories