IBX5B585FBB29616

Faktor Penyebab Ketombe

Posted on | Sabtu, 31 Desember 2011 | No Comments


Perawatan rambut untuk masalah ketombe  memakan waktu yang lama. Waktu tersebut akan terbuang sia-sia ketika ketombe kembali lagi dan lagi. Permasalahan ini tidak terletak pada cara perawatannya tapi pada pasca perawatannya yang salah. Dengan menggenal dan mengetahui penyebab terjadinya ketombe akan membantu proses perawatan pasca ketombe.

Apa penyebab ketombe? Lapisan kulit epidermis  pada kulit kepala selalu tumbuh mengantikan kulit lama sehingga  sel lama terdorong keluar , mati dan terkelupas. Biasanya bagian yang mati dan terkelupas ini berbentuk terlalu kecil untuk dilihat namun pada kondisi tertentu, proses pergantian kulit mati ini terlalu cepat sehingga tertumpuk di kepala. Sel kulit mati yang bertumpuk tercampur dengan minyak akan menghasilkan ketombe  putih yang banyak.

Selain penyebab diatas masih ada penyebab lainnya seperti:
Sisir rambut
Tidak  dan jarang menyisir rambut akan menyebabkan penumpukan karena pada saat menyisir, kulit mati yang terkelupas akan terbuang.

Alergi
Ada beberapa orang yang memiliki alergi pada gel, spray, shampoo , minyak atau produk rambut lainnya. Alergi ini akan memicu ketombe.

Minyak
Minyak yang dikeluarkan oleh jaringan di kepala  merupakan salah satu penyebabnya. Minyak rambut ini adalah sebaceous secretions (sebum).

Jamur
Sebanrnya Jamur Malassezua Globosa memang sudah ada di kulit kepala namun bila jamur ini terlalu banyak menyerap minyal Follicles Secrete, jamur ini akan menyebabkan gatal dan mempercepat pergantian kulit.

Makanan
Kurangnya konsumsi zinc (seng) dan  vitamin B komplek akan memicunya.

Stres
Stres menyebabkan berbagai masalah pada kulit dan kesehatan. Salah satu contohnya adalah munculnya ketombe.

Sakit
Ketombe mudah menyerang orang yang menderita beberapa jenis penyakit neurologik, orang yang masih dalam proses penyembuhan dari penyakit stroke maupun serangan jantung, dan orang dengan imun rendah.

Shampo
Pegunaan shampo yang salah atau tidak cocok dengan kulit kepala bisa memicu ketombe. Saat membilas, bilaslah hingga rambut bersih dari shampo.

Penyebab ini harus dihindari agar  saat perawatan rambut untuk ketombe dan pascanya bisa berjalan lancar sehingga ketombe susah untuk kembalinya. –hm-

Comments

Leave a Reply

Categories