IBX5B585FBB29616

Menpersiapkan Sebuah Pernikahan

Posted on | Rabu, 28 Desember 2011 | No Comments


Sewa mobil pengantin adalah salah satu hal yang tidak boleh terlupakan saat mempersiapkan sebuah pernikahan. Sebuah pernikahan adalah acara sakral yang akan menjadi kenangan seumur hidup. Sedikit kesalahan dan kelalaian dalam menangani acara ini, semuanya bisa menjadi berantakan. Jangankan kenangan buruk bisa-bisa pernikahan tidak jadi, ini bukan hal yang lucu bukan?
Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, harus dibuatkan to-do-list alias catatan tentang hal-hal yang harus dilakukan sehingga tidak ada yang terlewati. Beberapa hal dasar yang harus dimasukan ke dalam catatan persiapan pernikahan selain menyewa mobil pengantin adalah:

-          Budget
Tentukan budget yang bisa dihabiskan untuk setiap bagian seperti budget untuk baju, menu, sewa lokasi dan lainnya.

-          Hantaran
Hantaran bisa  berupa uang atau benda yang dibelikan kepada keluarga mempelain yang akan dipinang seperti mahar.

-          Tema
Tentukan tema pernikahan yang ingin diangkat. Tema yang bisa diangkat sangat beragam seperti perpaduan warna mereh putih, adat jawa, hutan atau tema lainnya.

-          Baju pernikahan
Sekarang sudah banyak tempat yang menyediakan paket pernikahan yang mencakup baju, dandan untuk pengantin cewek, pria beserta keluarga dan pendampingnya. Kadang-kadang ada paket yang sudah mengcakup sewa lokasi pernikahan, baju, souvenir, kartu undangan, mobil pengantin dan menu makanan untuk pesta pernikahan. Lebih baik memilih paket dari pada membeli atau menjahit sendiri baju pernikahannya. Selain mahal, belum tentu bajunya terpakai lagi.

-          Lokasi pernikahan
Lokasi yang dipilih harus bisa menampung semua undangan tapi juga harus disesuaikan dengan budgetnya. Biasanya tempat yang agak dekat pingiran kota lebih murah dan tempatnya besar.

-          Menu makanan
Menu makanan yang dipilih harus cocok dengan lidah dan tema pernikahannya. Sebaiknya menyediakan 2 kali lipatdari jumlah tamu undangan karena mereka tidak akan datang sendirian. Saat memilih menu, jangan pergi sendiri tapi ajak beberapa orang sehingga bisa tukar pendapat.

-          Kue
Walau tidak ada keinginan untuk membagikannya kepada para tamu, kue tetap harus dibeli. Tentu saja porsi yang dibeli kecil karena hanya dikonsumsi oleh mempelai pria dan wanita saja saat acara saling menyuapin kue.

-          Surat undangan
Ukuran, warna, kertas dan jenis tulisan adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik dna cermat. Disarankan untuk memilih surat undangan yang simpel untuk menghemat budget.

-          Souvenir
Souvenir pernikahan adalah hal yang menjadi keharusan pada jaman ini. Pilihlah souvernir yang bisa berguna untuk pada undangan seperti: tempat tisu, tempat perhiasan, buku notes atau souvernir lainnya.

-          Buku tamu & pen
Jangan lupa menyiapkan buku tamu dan pen agar bisa mendata siapa saja tamu yang datang.

-          Kotak uang
Ini pasti tidak akan terlupakan. Kotak uang adalah kotak untuk para undangan memasukan hadiah pernikahan yang berupa uang.

Apakah list-nya hanya sampai sini? Tentu saja tidak bila disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Jangan lupa setelah menikah, maka dunia yang dibentangkan dan beban dipunggung akan semakin besar dan banyak jadi harus saling percaya, menjaga dan berkomunikas untuk menjalankan petualangan baru ini. Selamat Berbahagia. –hm-

Comments

Leave a Reply

Categories