IBX5B585FBB29616

Stress Menyebabkan Kerugian

Posted on | Senin, 19 Desember 2011 | No Comments

Apakah benar sakit maag adalah hasil dari pola makan yang tidak teratur? Ya, tapi sakit maag tidak hanya disebabkan oleh  tidak teraturnya pola makan. Salah satu lagi penyebabnya adalah stress. Stress tidak hanya menyebabkan sakit maag saja tetapi juga dapat mengakibatkan berbagai hal seperti:

-          Tekanan darah tinggi
-          Sariawan
-          Rambut rontok
-          Rambut cepat memutih
-          Kerutan cepat muncul
-          Anti-bodi menurun
-          Penambahan berat badan yang berlebihan (beberapa orang melarikan diri dari stress dengan makanan)
-          Sakit kepala
-          Gusi berdarah
-          Jerawat
-          Gila
-          Dan masih banyak lagi

Daftar yang sungguh panjang, membuat stress menjadi hal yang sangat ditakuti tapi sering dialami karena adanya tekanan dari lingkungan dan tuntutan pada diri sendiri yang ingin selalu sempurna.
Akibat diatas adalah akibat umum yang sudah diketahui masyarakat banyak sehingga tidak ada pengelompokan yang pasti. Dari point of view ilmu pengetahuan, akibat dari stress  dikelompokan menjadi 3 yaitu:
-          Psikologis
Yang termasuk kelompok psikologis adalah perubahan pada perasaan, mood dan sikap seperti: muncul perasaan tidak puas, tegang, cemas, jengkel, jenuh dan menundah pekerjaan.
-          Fisiologis
Perubahan yang terjadi pada fisik atau organ yang didalam tubuh adalah akibat stress yang dikategorikan pada fisiologis seperti perubahan pada metabolisme, detak jantung, cara bernapas, dan tekan darah. Sakit kepala dan maag pun termasuk kelompok ini.
-          Perilaku
Stress dapat merubah perlilaku manusia baik itu jam tidur, pola makan, cara berbicara dan pilihan kata.
Satu individual bisa mengalami akibat stress dari 3 kategori sekaligus atau hanya salah satunya, semuanya ini tergantung pada masing-masing individual karena setiap individual mengalami akibat yang berbeda. Yang pastinya, stress mengganggu kesehatan. Semoga Berguna –hm-

Comments

Leave a Reply

Categories